Souvenirs de Neuf-Neuf (1999-2021) #1 Sinopsis

kawalogy Uncategorized

16 Kisah Mahasiswa Prancis Unpad’99

Sinopsis (cover belakang)

Konon katanya masuk Sastra Prancis  UNPAD itu gampang-gampang susah. Susah-susah gampang.

Gampang. Atau mungkin lebih tepatnya sering ‘digampangkan’ karena  jurusan ini cenderung bukan merupakan pilihan favorit/pertama pada UMPTN (Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Fakultas sastra itu sering dianggap sebelah mata karena menjadi pilihan kedua atau ketiga (untuk  yang SMA nya IPA).

Susah. Karena faktanya dari satu angkatan yang berjumlah tidak lebih dari 40 orang itu, yang lulus paling banyak hanya setengahnya. Itu pun sudah sangat bagus sekali. Kebanyakan menjadi mahasiswa  tingkat dewa dan lulus dengan perjuangan tanpa kenal lelah (baca : dipaksa lulus hehe ). Sisanya bisa jadi mundur teratur di tengah jalan atau memutuskan langsung ganti haluan. Biasanya pindah kampus di tahun berikutnya.

Lulus dalam waktu 5 tahun dianggap sebagai keajaiban karena merupakan suatu peristiwa langka.

Sebaliknya, lulus dalam waktu 7 tahun atau lebih dan hampir drop out adalah hal yang biasa, bukan suatu hal yang aneh lagi.

Buku ini disusun oleh 16 penulis  mahasiswa  sastra  prancis dengan latar  belakang akhir tahun 90an.

Mereka  berbagi cerita nostalgia dan  mengungkap  apa yang  sebenarnya mereka alami di kampus biru, lengkap dengan segala kekonyolan tingkah laku mereka dulu beserta  suka dan dukanya.

Syal Himaper (Himpunan Mahasisa Perancis) 1999

Namtag Panitia (JamSas) Jambore Sastra 2001